Announcement: Pengumuman Bagi Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018. Klik Disini

S1 Keperawatan

Sistem Pendidikan S1 Ilmu Keperawatan

STIKes Harapan Bangsa Purwokerto telah mengadaptasi kurikulum berbasis kompetensi, didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten dan telah memiliki Jabatan Fungsional pendidikan, alumni dari UI, UGM, UNAIR, UNDIP, UNSOED dan lain-lain dengan kualifikasi pendidikan S2, Dokter dan Praktisi Lapangan.

Program Studi Keperawatan S1 dilaksanakan dalam 4 tahun dengan kelulusan bergelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) yang dapat dilanjutkan Pendidikan Profesi Ners selama 2 (dua) semester dengan gelar Ners (Ns). 


Mengapa Kuliah Di Keperawatan

  • Peluang Pasar Kerja keperawatan di luar negeri masih sangat tinggi.
  • Dapat membuka praktek mandiri sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI.
  • Biaya pendidikan keperawatan relatif lebih murah dibandingkan dengan pendidikan kesehatan lainnya.
  • Pekerjaan yang mulia sekaligus ibadah yang pasti yaitu membantu orang sakit yang membutuhkan pertolongan.

Visi

Sebagai penyelenggara pendidikan yang menghasilkan tenaga keperawatan profesional yang mampu bersaing dalam era globalisasi dengan program unggulan keperawatan gerontik.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan keperawatan yang profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, dan mempunyai etika dan penampilan yang santun

2. Mengembangkan penelitian di bidang kesehatan/keperawatan yang berkulitas sesuai dengan IPTEK dan era global

3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat yang optimal.

4. Meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat khususnya lanjut usia (Lansia) dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kemandiran yang optimal bagi lansia


Tujuan

Tujuan utama dari Sarjana Program Keperawatan adalah untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana mahasiswa dipersiapkan dengan baik untuk menjadi pemimpin di pasar global. Dengan demikian, program keperawatan akan tetap di garis depan dalam bidang pelayanan medis.

Kelulusan Program Sarjana Keperawatan yang akan menjadi target STIKES Harapan Bangsa adalah:

1. Perawat Profesional

2. Tokoh Masyarakat

3. Pendidik

4. Manajer

5. Peneliti


Program Sarjana Keperawatan terdiri dari enam departemen:

1. Perawatan Dasar,

2. Medikal Bedah,

3. Keperawatan dan Bersalin,

4. Perawatan Pediatric,

5. Perawatan Kesehatan Mental,

6. Perawatan Masyarakat.

 

Untuk mencapai target profil kelulusan, Program Sarjana Keperawatan berlaku kurikulum berbasis kompetensi dengan beban SKS 144 serta 35 SKS di extra curriculer subjects and training.


Panduan Akademik S1 Keperawatan

Satuan Kredit Semester (SKS)

Beban pendidikan yang menyangkut beban studi mahasiswa dan beban mengajar bagi dosen memerlukan ukuran. Ukuran ini dinyatakan dalam suatu kredit. Karena Program Studi Ilmu Keperawatan S1 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto menganut system semester, maka satuan kreditnya disebut satuan kredit semester dan disingkat SKS. Satuan kredit semester ini perlu ditentukan untuk setiap kapita selekta, penelitian dan lain-lain kegiatan. Besarnya SKS untuk masing-masing kegiatan pendidikan ditentukan oleh banyaknya jam yang digunakan untuk kegiatan itu. Adapun jam kegiatan pendidikan dan SKS-nya masing-masing adalah sebagai berikut:

a. SKS untuk Kuliah

Untuk kegiatan Kuliah, satu SKS adalah kegiatan pendidikan selama 1 jam dalam seminggu. Karena dalam satu semester ada 14 minggu, maka satu SKS sama dengan kegiatan pendidikan selama  14 jam atau 700 menit dalam satu semester.

b. SKS untuk Seminar / Diskusi dan Skripsi

Perhitungan SKS untuk seminar sama seperti perhitungan SKS untuk kegiatan kuliah. Kegiatan ini dapat berupa seminar, kuliah, penyajian atau tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa.

Perhitungan SKS untuk penelitian guna menyusun Skripsi serupa dengan perhitungan untuk kegiatan fisik dan psikomotorik, yaitu satu SKS adalah kegiatan selama 3 jam dalam waktu satu minggu. Setiap mahasiswa dalam penyusunan skripsi dibimbing satu orang pembimbing utama dan satu orang pembimbing pendamping.

Syarat mahasiswa dapat mengambil skripsi:

-  telah mengikuti sekurang-kurangnya 135 SKS dari 145 SKS yang diprogramkan yang dibuktikan oleh rekapan KRS yang ditandatagani oleh Ketua Program Studi

-  Melunasi segala biaya administrasi

-  Telah mengikuti mata kuliah Metodologi Penelitian, Demografi dan biostatistik

-  Mengikuti seminar/ Lay Out judul/ proposal yang dilakukan oleh kakak angkatan, minimal 3 kali dibuktikan dengan daftar kehadiran

-  Skripsi akan dianulir dan dibatalkan apabila mahasiswa terbukti melakukan plagiat

c. SKS untuk Praktikum

Perhitungan beban pendidikan yang menyangkut psikomotorik dan kegiatan fisik yang lazimnya dilakukan dalam kegiatan praktikum/praktek laboratorium, pada dasarnya sama dengan perhitungan untuk kegiatan kuliah. Satu SKS kegiatan praktikum sama dengan 2 jam kegiatan fisik atau psikomotorik ditambah dengan 1 jam kegiatan rangkaian, misalnya untuk pembuatan laporan atau kegiatan mandiri, sehingga jumlah keseluruhannya adalah 3 jam seminggu atau 48 jam dalam satu semester. Apabila suatu kuliah disertai dengan praktek laboratorium, maka kegitan kuliah dan praktek laboratorium ini disusun sesuai dengan jumlah SKS masing -masing yang telah ditentukan. Praktek laboratorium dapat dilaksanakan di laboratorium Kampus Stikes ataupun laboratorium nyata di rumahsakit  dengan model pembelajaran PBL   (Problem Base Learning).

d. SKS untuk Praktek Lapangan

Satu SKS untuk praktek lapangan yaitu 5 jam seminggu atau 80 jam dalam satu semester. Bilamana praktek lapangan dilakukan dalam waktu yang cukup lama, untuk menentukan SKS nya perlu dipertimbangkan jam kerja rata-rata sehari yang benar-benar digunakan oleh mahasiswa dan proporsi beban pendidikan total dalam jenjang pendidikan.

 

Beban Studi

Beban studi untuk program studi Keperawatan S1 adalah 144-160 SKS termasuk tugas akhir, dengan masa studi 8-14 semester (4-7tahun) terhitung sejak mahasiswa diterima. Beban studi maupun susunan kegiatan studi yang diambil oleh seorang mahasiswa dalam satu semester sama sehingga beban pendidikan yang dapat diambil oleh seorang mahasiswa apabila kegiatan ini berupa mata kuliah semua berkisar antara 10-20 SKS atau rata - rata 18 SKS, jumlah ini akan berkurang apabila kuliah juga terdapat praktek laboratorium atau lapangan.

 

Klasifikasi Mata Kuliah dan Pangalaman Belajar

Penyelenggaraan pendidikan sarjana Keperawatan sesuai dengan Kurikulum AIPNI 2011 pada tabel berikut:

ELEMEN KOMPETENSI

KURIKULUM INTI

KURIKULUM INSTITUSONAL

Kompetensi Utama

Kompetensi Pendukung

Kompetensi Lainnya

1. Landasan Kepribadian

40% - 80%

Ditetapkan oleh kalangan perguruan tinggi, dengan memperhatikan masyarakat profesi dan pengguna lulusan

20%-40%

0 - 30%

2.Penugasaan Ilmu dan Ketrampilan

3.Kemampuan Berkarya

4.Sikap dan Perilaku  Dalam Berkarya

5.Pemahaman Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat

 

Pelaksanaan Penyelesaian Tugas Akhir (Skripsi)

a. Syarat-syarat Mengajukan Proposal Penelitian

- Telah mengumpulkan minimal 120 SKS dan memiliki IPK 2.50 serta mendapat persetujuan PA

- Mengisi Kartu Rencana Studi (KRS)

- Materi yang dipilih sesuai dengan displin ilmu di peminatan pada program studinya

- Telah lulus pada matakuliah yang menjadi prasyarat penulisan skripsi, meliputi metodologi penelitian, biostatistik, serta mata kuliah khusus dibidang studdinya.

b. Prosedur

- Mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan proposal penelitian mengisi daftar judul pengambilan skripsi di penanggungjawab skripsi dan kemudian dipelajari apakah mahasiswa tersebut memenuhi syarat dari Program Studi

- Mahasiswa yang memenuhi syarat kemudian diberikan dosen Pembimbing I dan dosen Pembimbing II untuk melalui bimbingan pembuatan proposal penelitian

- Selanjutnya diberi kesempatan untuk mempresentasikan proposal penelitiannya bila peserta telah memenuhi persyaratan untuk sidang proposal.

- Setelah mahasiswa mendapatkan SK pembimbingan skripsi, mahasiswa diwajibkan menemui pembimbing untuk berbagai kepentingan pelaksanaan penelitian. Minimal pembimbingan selama kurun waktu tertentu maksimal 1 semester, minimal 6 kali bimbingan sebelum naskah skripsi disahkan.

c. Ujian Sidang Skripsi

- Sudah lulus seluruh mata kuliah yang diwajibkan sampai semester ke 8 dengan IPK minimal 2.50

- Nilai D dalam transkrip tidak lebih dari 1 mata kuliah dan tidak pada mata kuliah keahlian Program Studi dan/atau matakuliah kelompok MPK

- Naskah skripsi yang telah disetujui dan disahkan oleh Pembimbing I dan Pembimbing II untuk selanjutnya diujikan

- Sudah melunasi segala hal yang berhubungan dengan keuangan

- Maksimal 3 hari sebelum ujian sidang skripsi telah menyerahkan skripsi yang telah ditandatangani oleh Pembimbing I dan Pembimbing II sebanyak 3 eksemplar (belum dijilid) ke Program Studi. Skripsi yang akan di uji harus dilampirkan dengan bukti mahasiswa telah melaksanakan penelitian

- Menyerahkan berkas-berkas persyaratan ujian skripsi.



Ingin Bergabung Dengan STIKes Harapan Bangsa?

Menjadi bagian dari Mahasiswa STIKes Harapan Bangsa Purwokerto tidak hanya sekedar mencari gelar, anda akan menjadi sejarah yang tercatat menjadi bagian dari kami, anda akan dapat pengalaman hidup yang akan anda kenang sepanjang masa.

Pelajari lebih lanjut

Instagram @stikes_harapan_bangsa

STIKes Harapan Bangsa
Purwokerto

Hubungi kami

Jl. Raden Patah No. 100, Ledug
Kecamatan Kembaran
Purwokerto, Kabupaten Banyumas
Jawa Tengah - Republik Indonesia

  • (0281) 6843493 / Fax: (0281) 6843494
  • info@shb.ac.id


© 2017 - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia.
Tentang Situs . Kebijakan Privasi . Peta Situs
Terakhir diperbarui 18 August 2016 - 02:09:51 PM
Cloudflare CDN Services